JAPAN: Kaikoan, Kyoto


KYOTO (京都) dulunya adalah ibukota Jepang selama lebih dari satu milenium, yang sekarang lebih dikenal sebagai ‘The Capital of City’ atau Kyoto Perfecture. Kyoto mempunya reputasi sebagai kota yang paling indah dengan berbagai macam bangunan traditional kuno dan kuil tertua di Jepang.
***
Beragam akomodasi yang ditawarkan kepada para wisatawan yang datang di Kyoto, termasuk gaya rumah tradisional yang dikenal sebagai Ryokan. Ryokan adalah penginapan gaya tradisional Jepang. Saya sangat beruntung mendapat kesempatan menginap di KAIKOAN, penginapan bergaya Ryokan dan menikmati gaya hidup tradisional ala Jepang. Kaikoan Co.Ltd berupaya untuk melestarikan rumah tinggal yang disebut ‘Machiya‘ dengan menyewakan rumah sendiri untuk disewa dengan harga terjangkau bagi para wisatawan yang ingin menikmati budaya dan gaya hidup di Kyoto. Rumah tradisional penduduk lokal yang didirikan sejak ratusan tahun yang lalu sangat kental akan tradisi dan budaya kuno seperti terlihat dari kelengkapan rumah yang kuno dan antik, termasuk furnitur, dapur, lesehan sampai kamar mandi terbuka dilengkapi dengan bak-mandi semacam onsen yang unik.

Menurut Ms. Sumiko Washio, President Kaikoan Co.Ltd, banyak para wisatawan, peneliti, mahasiswa dan pengusaha yang datang di Kyoto menginap di rumah-rumah penduduk karena ingin merasakan atmosfir dan gaya hidup Kyoto. Ini sangat dihargai oleh pemerintah, termsuk Ms. Sumiko sebagai pelestarian kultur dan budaya Jepang. Sejak puluhan tahun yang lalu, keluarga Ms. Sumiko menyewakan rumah tinggal keluarga mereka untuk jangka waktu yang lama, hingga akhirnya menjadi penginapan tetap bagi para turis yang datang dari belahan dunia, seperti Inggris, Amerika, Eropa dan Cina. Saya satu-satunya orang Indonesia yang pernah menginap di penginapan milik Ms. Sumiko!🙂

Sampai saat ini, Kaikoan mempunyai kamar tradisional yang disewakan. Mulai dari Shikibu, Tokiwa, Komachi, Shizuka, Fukujan, Manabian (15.800yen/Rp. 1.8 juta untuk 3 orang) dan Geihinkaku (25.000yen/Rp.2.8 juta untuk 3 orang) per malam. Selain ketenangan dalam setiap kamar di Kaikoan, fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti AC, kulkas, microwave dan peralatan masak lengkap didalamnya. Saya menginap di rumah Fukujan dengan bangunan dua lantai. Di lantai atas saya bisa menikmati waktu leha-leha sambil mendengarkan musik dari peralatan piringan hitam antik yang disediakan sambil menonton TV. Di lantai bawah terdapat ruangan minum teh dengan taman yang sejuk dan percikan air membuat suasana begitu nyaman. Malam harinya, saya sempat berendam air panas di Goemon bath tradisional yang terdapat di kamar mandi bergaya Jepang. Semua bangunan dibangun sejak tahun 1864 dan diambil alih oleh Kaikoan pada tahun 1867, dan saat ini Kaikoan memproduksi rumah tinggal tradisional Jepang.

Lokasi Kaikoan berada di jantung kota Kyoto. Akses dapat dicapai cukup dekat dari Stasiun Kyoto ke Station terdekat yaitu Sanjo dan berjalan kaki sekitar lima menit. Lokasi turis terdekat adalah Gion yag terkenal dengan distik Geisha dan Kuil Yasaka, disamping City Hall yang terdapat Sungai Kamo. Lokasi yang populer dengan dipenuhi toko, restoran dan Ochaya (kedai teh) yang ramai dan penuh hiburan malam. Selain mempunyai rumah tradisional yang disewakan, Ms. Sumiko juga masih menyimpan toko tradisional yang sudah berdiri sejak 100 tahun yang lalu, yaitu Kaikoan Shop.
Toko tradisional ini awalnya adalah toko beras yang kemudian dirubahnya menjadi toko antik yang menjual berbagai furniture dan barang kuno yang bernilai budaya dan kulur Kyoto. Disini juga tersedia asesoris dan bahan mandi lulur dengan berbahan sari beras yang konon digunakan oleh wanita Jepang untuk memuluskan kulit wajah dan tubuh mereka. Pantesan ya, kulit mereka putih dan mulus seperti porselin. Saat ini produk toko Kaikoan dapat dibeli online melalui Kaikoan Online Store.

Ada cerita berkesan disini; dulu, saya pernah merusakkan boneka Jepang milik Ibu pemberian almarhum Bapak saya, makanya saya berniat untuk membeli boneka tersebut sebagai gantinya saat liburan di Jepang. Berbagai toko yang saya lewati tak satupun yang mirip, hampir semuanya seukuran souvenir saja. Hari terakhir saya di Kyoto, sewaktu pamit kepada Ms. Sumiko, tadaaa…. saya melihat boneka itu! Surprisingly, setelah saya menceritakan ‘cerita boneka’ tersebut, Ms. Sumiko menghadiahi saya boneka tersebut, gratis! Aww, domo arigato gozaimasu, Sumiko-san! Terima kasih!

***
kaikoan懐古庵 KAIKOAN

366, Kashira-cho, Sakyo-ku, Kyoto-city, Japan 606-8354

TEL: +81-75-771-2919

Website: http://kaikoan.jp/

Kaikoan Online Store: http://www.kaikoan.co.jp/store/

Facebook: www.facebook.com/pages/懐古庵/245964415439795

11 Comments Add yours

  1. Laki Gushary says:

    Nice place! So local, so authentic!

    1. nezdn says:

      yes it is! it’s so nice that I don’t want to leave Kyoto….:(

  2. Anna says:

    You always go the the nicest hotel, girl! This is the place that I really want to stay… no hotels, no five stars chains.

    1. nezdn says:

      exactly! I want to go local …. feel the experience, feel the atmosphere ….

  3. RIO says:

    Wooww..I love “Machiya”, so many antique fittings, furniture and equipment..

  4. Rachel says:

    The rooms are very typical and have a lot of eccentric decorations…Nice!

  5. Sasha says:

    Great place for experience the traditional Japanese…reasonable price…everything I need is there. Can’t wait to visit!

  6. Anto says:

    hotelnya bagus dan benar2 menawarkan pengalaman yg luar biasa ttg budaya dan tradisi Jepang, apalagi harganya cukup terjangkau…dan bagian yg paling luar biasa adalah: free souvenir from Ms. Sumiko, President of Kaikoan Co.Ltd!

  7. Aryl says:

    it is very unusual and fun to stay at Kaikoan…feel like Kyoto citizen and experience the origins of Japanese culture..so excited!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s