Birthday Weekend in Bangkok

Pemandangan Bangkok dimalam hariBersama beberapa teman Indonesia yang menetap dan bekerja di Thailand, kami kerap menjadikan Bangkok sebagai kota untuk berakhir pekan. Selain untuk bertemu teman yang sedang berlibur, nonton konser musik, belanja atau sekedar hang out demi suasana yang berbeda.

Weekend gateway kali ini saya dan Astari merayakan ulang tahun Welah, sahabat kami, sekalian mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah kami datangi di kota bernama terpanjang di dunia ini.

Grand PalaceBagi yang belum tahu, nama panjang Bangkok adalah “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit” Tuh kan, panjang, yang artinya adalah “Kota malaikat, kota besar, tempat tinggal Buddha, kota tak tertembus, ibukota besar, kota sembilan permata, kota bahagia, kota berlimpah, sebuah Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai tempat tinggal surgawi, reinkarnasi, sebuah kota yang diberikan oleh Tuhan Indra. Sedangkan kebanyakan orang yang tinggal di Bangkok seperti Astari, menyebutnya dengan ‘Krung Thep’, yang kira-kira diterjemahkan menjadi ‘City of Angels‘.

wat-pho-bangkok.jpgIbu kota Thailand ini adalah sebuah kota besar serupa Jakarta, terlebih dengan semerawut kemacetannya. Bangkok terkenal dengan banyaknya kuil suci sekaligus kota dengan hidup yang modern. Kota yang menjadi rumah bagi Sungai Chao Phraya dengan jaringan kanal-kanalnya yang cantik, Grand Palace yang mewah, Kuil Wat Phra Kaew, kuil Wat Pho dan reclining Buddha dan kuil Wat Arun yang sakral. Bagi yang baru pertama kali ke Bangkok, disarankan untuk mengunjungi situs-situs indah tersebut. Berikut 8 tempat unik, yang mungkin juga belum pernah Anda datangi.

Anantara Siam

Kami memilih penginapan yang berlokasi di daerah Ratchaprasong yaitu hotel Anantara Siam. Lokasi hotel ini berada di kawasan perbelanjaan Gaysorn, Central World dan Siam Paragon, dengan akses mudah kemana-mana, termasuk stasiun kereta BTS, Lumpini Park dan Kuil Erawan.

Begitu masuk lobi hotel, kami terpesona dengan mural raksasa yang terdapat di tembok lobi. Lukisan mandala yang dikenal dengan nama The Grand Staircase Mural ini merupakan ikon hotel, yang menggambarkan pendakian Dinasti Chakri ke takhta Thailand dengan ratusan tokoh berkostum, binatang, pohon dan bunga dengan warna merah dan kuning. Dibagian tengah tangga diletakan foto berbingkai Raja Rama IX, dalam rangka memperingati satu tahun wafatnya sang raja.

Saya sempat dejavu, seperti pernah kesini sebelumnya. Kemudian saya teringat bahwa saya melihat lobi ini dalam sebuah adegan di serial realty-show Netflix berjudul ‘Jack Whitehall: Travels with My Father’.  Lukisan tembok dan bar ini lah yang menjadi lokasi pengambilan adegan saat Michael, bapak Jack mengganti penginapan dari motel ke hotel berbintang lima di Bangkok. Saya langsung membayangi adegan Jack yang didorong oleh Steven Seagal kesebuah kolam di depan hotel ini. Mengagumkan.

22405495_10213894252980955_7340702953697461246_n

Spice Market

Saat berkunjung ke Bangkok, tentunya kami ingin mencoba kuliner yang terkenal secara lokal. Soal kuliner di Bangkok yang pasti banyak dan beragam dimana-mana. Namun, kali ini kami mencoba restoran yang menjadi buah bibir di Bangkok yaitu ‘Spice Market ‘di Jalan Ratchadamri 155.

22365716_10213894253060957_7667151995176912271_nRestoran ini terpilih sebagai “Most Delicious Thai Restaurant in Bangkok” oleh warganya. Dirancang menyerupai toko rempah-rempah Thailand orisinal, restoran ini menawarkan menu masakan dengan rempah-rempah Thailand yang dapat disesuaikan dengan selera. Saya mencoba menu pilihan Poo Nim Phad Prig Thai Orn yaitu kepiting goreng renyah dengan saus lada dan cabai. Memang yummy!

TrueLove Neverland

Setelah perut kenyang, kami pergi kesebuah pet-cafe bernama TrueLove Neverland di Soi Ari Samphan. Kafe yang dikhusukan bagi dog-lovers ini menawarkan interaksi bersama koleksi anjing Husky Siberian yang lucu dan menggemaskan.

IMG_7548Dengan membayar 350 Baht per orang, kami mendapatkan minuman dan makanan kecil sambil menunggu waktu bermain dan berfoto bersama anjing-anjing tersebut. Kafe yang dibuka setiap hari (kecuali hari Senin) dimulai sejak tengah hari hingga sore ini mempunyai dua sesi layanan yaitu pada pukul 12:30 dan jam 3:30 sore.

Decathlon

Decathlon adalah outlet perbelanjaan ala konsep baru di Prancis, yang menjual semua barang olahraga di bawah satu atap. Tersedia lebih dari 50 jenis produk sport dengan lebih dari 5000 produk disini. Semuanya lengkap, mulai dari produk untuk hiking, trekking, running, trail, athletics, fitness, body building, cycling, skateboard, golf, water sports, boxing, horse riding dan masih banyak lagi. Merek produk seperti Aptonia, Artengo, B’Twin, Caperlan, Domyos, Geologic dan Geonaute dan sebagainya tersedia disini.

Decathlon Bang NaOutlet yang berlokasi di Bang Na Trad Road ini dibuka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam. Harga terendah untuk sebuah kaos gym berkisar 69 Baht sampai peralatan lengkap golf-set seharga 7000 Baht. Bila musim diskon bisa lebih murah, seperti Astari membeli backpack seharga 55 baht atau sekitar Rp.22.000! Woohoo!

Supanniga Riva Arun 

Cabang ketiga restoran Supanniga yang berlokasi di tepi sungai Riva Arun di Jalan Maharaj adalah spot yang indah untuk sunsetan.

A post shared by Liburing (@liburing) on

Dari meja kami di area bagian luar lantai dua restoran yang baru dibuka bulan Juli ini, kami bisa melihat pemandangan Wat Arun dengan sungai Playa yang indah. Resep hidangan yang tersedia di restoran ini kabarnya berasal dari sebuah kampung di  provinsi Trad dan Chantaburi, dengan sentuhan khas daerah Isaan. Sambil menunggu matahari terbenam, Astari yang sudah menyiapkan kue ulang tahun, meminta Welah make a wish dan meniup lilin. Hip hip horaaay!

23844489_10214256906247060_5020058973921994183_n

Muay Thai Kickboxing

Usai menikmati sunset, kami bergegas menuju Rajdamnoen Stadium di kompleks Asiatique untuk menonton “Living The Legend”. Sebuah pertunjukan dan pertarungan Muay Thai secara langsung, yang diadakan di stadion tinju tertua dan terbesar di Thailand. Muay Thai di Bangkok adalah olahraga yang wajib ditonton bagi penggemar kickboxing. Seni bela diri Thailand berusia berabad-abad hingga sekarang dianggap sebagai olahraga nasional. 

Muay ThaiPertunjukan empat hari seminggu yakni setiap hari Senin, Rabu, Kamis dan Minggu ini dimulai pada jam 7 malam, dengan tiket masuk sebesar 1000 sampai 2000 Baht, tergantung posisi tempat duduk. Kami memilih posisi paling depan, sehingga kami bisa merasakan pengalaman lebih seru saat berdekatan dengan ring tinju dengan petinju yang bertarung di atas panggung.

Talad Neon Downtown Night Market

Talad Neon adalah sebuah pasar malam khas Thailand yang baru di Bangkok. Terletak di Jalan Phetchaburi, Soi 23 dan 29, pasar malam ini lebih ke up-market dibandingkan pasar malam lainnya. Dibuka setiap hari dari jam 4 sore hingga tengah malam. Terdapat banyak makanan jalanan, toko-toko pakaian dan lainnya. Dan pastinya, lampu neon ada dimana-mana.

Talad Neon

CRU-Champange Roof Top

Roof-top bar di Bangkok semakin menjamur dan menjadi tempat favorit dan popular. Salah satunya adalah CRU-Champagne bar yang kami datangi untuk menutup perayaan ulang-tahun Welah.

Pemandangan Bangkok dimalam hari2Dari lantai 59 gedung Centara Grand di CentralWorld ini, kami bisa melihat panorama 360 derajat kota Bangkok nan indah di malam hari. Dilayani oleh dua orang asal Indonesia yang merekomendasikan minuman Pink Mumm, Bangkok Bellini dan Something Green untuk kami bertiga, dari sekian banyaknya menu champagne di bar ini. Happy birthday, Welah! Cheers!

***

Published on Kompas Travel, 28-December, 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s