MENYELAM BEBAS BERSAMA WHALE-SHARK DI SAMUI !

DSCF4307Bagi penggemar selam tentu hafal dengan pulau Samui (atau Koh Samui), destinasi wisata bahari terkenal di Thailand. Koh Samui, pulau terbesar kedua di Thailand setelah Phuket dipilih oleh kebanyakan wisatawan untuk menyelam dengan alasan air laut biru jernih, perairan hangat dan kehidupan laut yang menakjubkan. Tak heran jika Samui merupakan tujuan populer bagi para penyelam.

Apnea FreedivingSelain scuba-diving, agen selam dan perjalanan di Samui mulai menawarkan paket free-diving sebagai pilihan baru dalam menikmati alam bawah lautnya. Meski terlihat mirip dengan scuba-diving, namun kedua teknik penyelaman ini sungguh beda. Freedive merupakan aktivitas menyelam tanpa menggunakan alat bantu pernapasan. Sedangkan scuba diving menggunakan tabung oksigen, BC, regulator dan perlengkapan lainnya. Sebagai penyelam scuba saya kurang suka dengan perintilan persiapan dan alat untuk penyelam yang cukup repot.

17991249_10212191735299077_7398741129696434537_nFreedive kerap digunakan dalam penelitian ilmiah dan fotografi satwa liar. Di Jakarta sudah mulai banyak yang mempekerjakan free-diver, misalkan para penari air di Jakarta Aquarium City Walk. Menyelam dengan menggunakan alat bantu selam seperti tabung oksigen menghasilkan kebisingan dan gelembung yang mengganggu hewan di sekitarnya. Sedangkan freedive memungkinkan para penyelam untuk menyelam layaknya hewan laut, hampir tanpa suara. Akibatnya, perilaku hewan akan berbeda dan mereka malah akan lebih mendekat dan bebas berenang disekitar penyelam.

Apnea Freediving3Freedive atau selam-bebas adalah kegiatan olah-raga menyelam dimana penyelam mencoba mencapai kedalaman yang diinginkan tanpa bantuan alat pernapasan. Kelihatannya mudah, namun selam-bebas ini cukup sulit dan berbahaya untuk dicoba. Teknik pernapasan Apnea (Arti dalam bahasa Perancis yaitu berhenti bernapas) yang menjadi ‘alat bantu’ satu-satunya untuk selam bebas.

Apnea Freediving2Bagi orang awam mungkin berpikir, tak mungkin seseorang dapat menyelam ke dasar laut tanpa alat bantu pernapasan, hanya dengan satu tarikan nafas. Saya juga berpikir sama. Jangankan ke dasar laut, menahan napas selama 1 menit di darat saja saya tak mampu!

Sampai saya mengetahui bahwa semua itu bisa dilakukan, bahkan bisa sampai lebih dari 100 meter dengan satu kali pernapasan!. Rekor dunia mencatat penyelam Loic Leferme menyelam ke kedalaman 171m, Tanya Streeter menyelam sampai 160m dan Audrey Mestre menyelam sampai 166 m (sumber: Wikipedia.)

IMG_6749Selanjutnya yang muncul dalam benak saya, bagaimana caranya? Karenanya, saya memutuskan untuk mengambil kursus tentang freedive di Koh Samui. Kursus freedive yang saya ambil adalah PADI, melalui perwakilannya APNEA Freediving/ The Dive Academy di Koh Samui. Setelah mendaftar online dengan membayar sekitar 8000 Baht (sekitar 3 juta rupiah) saya dikirim materi belajar online atau e-learning freediver program.

Materi PADI freedive program berupa video ini terdiri dari tiga bagian; pertama adalah PADI Freediver, kedua adalah Advanced Freediver dan ketiga adalah Master Freediver. Program yang saya ambil adalah PADI Freediver yang mengharuskan latihan teori dan praktek selama dua hari dengan lokasi di kolam renang dan di laut lepas.

Latihan Rescue di Kolam RenangSaya belajar empat prinsip dasar freediver yang menjadi syarat untuk mendapatkan sertifikat freediver. Pertama adalah Apnea yaitu teknik menahan napas, kedua Static Apnea yaity menahan napas minimal satu menit 30 detik di permukaan air, ketiga adalah Dynimic Apnea: berenang sejauh 25 meter sambil menahan napas, dan Free Emerssion yaitu berenang sedalam maksimum 16 meter di bawah laut dan kembali ke permukaan dengan menahan napas ditambah teknik penyelamatan atau rescue sedalam lima meter.

Yang paling menarik dan terpenting dalam latihan freedive bagi saya adalah Apnea. Bagaimana cara menyimpan napas di perut dan di paru-paru. Selama ini saya berlatih dengan mengisi dan menyimpan udara hanya di bagian dada atau paru-paru. Sedangkan cara Apnea adalah mengisi udara terlebih dahulu ke bagian perut, setelah penuh barulah mengisinya di bagian dada. Dengan demikian, udara yang disimpan tubuh menjadi lebih banyak untuk melakukan freedive lebih lama. Dengan latihan Apnea, saya akhirnya bisa menahan napas selama hampir dua menit pada latihan pertama! Saya siap melanjutkan latihan hari kedua di laut lepas!

IMG_6774Kami melakukan freedive di area pulau Sail Rock yang terletak sekitar 50 menit perjalanan dengan kapal cepat dari Koh Samui. Semua teori dan latihan di kolam renang saya praktekan disini, sekalian tes terakhir. Dua kali penyelaman dengan waktu selam-bebas selama dua jam masing-masing. Tarik napas, tahan napas, ducking atau menukik ke bawah mengikuti tali vertikal sedalam mungkin.Apnea Freediving5Beberapa kali saya sempat panik karena tekanan air dan kesulitan equalize yaitu mengeluarkan udara dari telinga karena tekanan air. Terlebih lagi pada saat free-immersion yaitu turun dengan posisi badan terbalik, kepala di bawah membuat saya merasa sedikit pusing. Untungnya, saya berhasil melakukan teknik wajib itu selama 1 menit dengan kedalaman 10 meter dengan satu kali pernapasan.Wahleshark3Pada sesi penyelaman kedua, tiba-tiba kami mendapat kejutan fantastis dengan munculnya whale shark! Sail Rock memang terkenal sebagai situs-selam dengan penampakan spesies laut terbesar ini. Whale-Shark atau Rhincodon typus yang sering disebut hiu-paus rata-rata berukuran 12-14 meter dengan berat sekitar 21 ton. Tanpa perlu mengenakan tanki udara seperti para penyelam scuba yang masih mempersiapkan alat-alatnya di kapal, kami yang memang sudah berada di air langsung memanfaatkan kesempatan ini.

Wahleshark5Kami turun dengan tarikan satu napas di kedalaman 8 meter untuk menyaksikan hewan langka ini. Takjub saya, sampai lupa kalau sudah hampir satu menit dibawah dan harus naik lagi untuk memberi kesempatan kepada Ning, partner selam saya. Kami berdua bolak-balik naik-turun demi ikan raksasa ini.

Wahleshark2Ini salah satu perbedaan freedive dengan scuba-dive. Scuba-dive mengharuskan seorang  penyelam harus selalu bersama dengan dive-buddy, sedangkan freediver harus bergantian menyelam untuk keselamatan freedive-buddynya. Meskipun memiliki kesamaan dan perbedaan dengan scuba-diving, namun kegiatan freedive ini diklaim lebih memberikan sensasi tersendiri di bawah air yang tidak bisa didapat saat melakukan scuba-diving. WahlesharkMunculnya whale-shark yang berenang bebas bersama gerombolan ikan-ikan kecil ini menjadi atraksi utama penyelaman kami hari itu. Ini adalah pengalaman freedive pertama saya yang sangat berkesan.

Wahleshark7Saya bisa menyelam bebas bersama whale-shark! Suatu pengalaman menikmati alam bawah laut dan merasakan kehidupan dunia yang berbeda.

VIDEO: Beberapa penyelam yang sudah stand-by dibawah sempat membuat video penyelaman dan mengunduhnya di vimeo: https://vimeo.com/215375672

Rekomendasi Penginapan:

Saya memilih penginapan berdasarkan area dan aktifitas sekitar hotel, termasuk layanan serta sentuhan lokal kota untuk dapat merasakan pengalaman yang berbeda. Ada tiga pilihan area yang menjadi tempat terbaik untuk penginapan di Samui.

home2Yang pertama adalah area pesisir pantai Choeng Mon lokasi penginapan Sirin Samui Boutique Hostel, hanya satu blok dari pantai, dan dekat dengan Fisherman Village. Di area ini juga menjadi pusat dive center dan kapal yang bertolak ke pulau-pulau sekitarnya. Saya memilih hostel ini karena jaraknya yang dekat dengan The Dive Academy, tempat kursus freedive saya di Samui – www.sirinsamui.com (foto: Nova Dien)

pool2Kedua adalah sebuah butik vila yang unik di pulau Samui, Sandalwood Luxury Villas yang terletak di lereng bukit dengan pemandangan panorama laut yang spektakuler. Sandalwood Luxury Villas ini dekat dengan pusat kota Samui dan pantai Lamai yang terkenal indah di Samui. – www.sandalwoodsamui.com

17990845_10212290977700075_2594780296565879897_nJika Anda punya cukup waktu, disarankan ke Khanom. Saya menginap di Aava Resort & Spa terletak di Pantai Nadan yang merupakan sebuah kota kecil yang sepi di provinsi Nakhon Si Thammarat, sebelah timur laut Phuket dan menghadap ke Samui. Khanom terkenal dengan pantainya yang putih, pemandangan gunung yang indah, dan lumba-lumba merah muda (pink-dolphins) yang langka! – www.aavaresort.com

Tips:

  • Untuk mengikuti latihan freedive harus bisa berenang
  • Minimum umur adalah 15 tahun
  • Harga paket PADI Freedive diatas termasuk Padi Freediver Touch material, makanan danminuman, sewa alat snorkel dan fins, pemakaian kolam renang, sewa kapal ke pulau bolak-balik. Info: www.padi.com/padi-courses/freediver
  • Untuk ke Khanom, Nakhon Si Thammarat, dengan kapal feri Lomprayah Catamaran High Pralarn Pier Maenam Beach, Koh Samui

Freedive photos courtesy of APNEA Freedive School & The Dive Academy Samui

***

Published on Kompas Travel, June 2017

Advertisements