Mari Jo Ka Manado!Let’s!

video: ‘Let’s go to Manado’ by Hanny Kandou

Sebagai orang Manado, saya sering diminta rekomendasi tempat, akomodasi dan things to do in Manado. Jawaban pertama saya silakan cek TripAdvisor dan Om Google. Namun, tak jarang ada permintaan khusus atas informasi non-touristy. Maunya yang bukan ‘mainstream‘, plus lebih afdol jika informasi tersebut datangnya dari orang lokal, katanya. So, here’s my ‘personal-itinerary’ saat mudik – termasuk referensi tempat yang wajib dikunjungi bagi newbee saat berkunjung di ibukota Sulawesi Utara ini.

fullsizerender

Kunjungan kebeberapa ikon kota Manado, seperti monumen setinggi 50m yang dikenal warga Manado dengan ‘Patung Tuhan Yesus Memberkati’, Jembatan Kuning Soekarno, Blue Carpet (jogging-track) dan Bukit Pelangi menjadi lokasi ‘icon-selfie’ yang cukup instagramable. Beberapa lokasi baru bermunculan seperti Sparta Stable (horse-ranch) dan Kema view-point menjadi pilihan warga lokal yang sedang kekinian.

insta
Pic: Instagram.com

Kini, selain Manado, kota pilihan yang wajib dikunjungi adalah Tomohon. Kota yang menjadi lokasi shooting film ‘Senjakala Di Manado‘ ini memang menjadi agenda popular  highland tour yang ditawarkan oleh agen perjalanan. Tak berlebihan karena beberapa destinasi wisata yang ditawarkan kota sejuk ini sangat menarik.

lota-fallsSebut saja spot perhentian dalam perjalanan menuju Tomohon seperti Kali waterfall, Lahendong hotspring (aroma belerang menyengat ini kerap menjadi candaan perjalanan ‘hayo, siapa nih yang kentut?’- ngga ngerti? Save it when you’re there:), Tomohon market, Buddhist temple, Gunung Mahau dan Gunung Lokon juga merupakan ciri khas kota bunga ini. Cara kesana? Sangat mudah. Set aplikasi Waze kamu, mari jo ka 9 tempat ini. Let’s!

1. Let’s Take Pictures!

Gardenia Country Inn terletak didataran tinggi kota Tomohon (800m dari permukaan laut) dengan pemandangan gunung berapi Lokon serta udara yang sejuk dan nyaman. gardeniaDisini ada tiga properti yaitu penginapan, taman bunga dan restoran. Anda bisa mampir sarapan atau brunch sebelum meneruskan ekplorasi kota Tomohon. dscf1430bRestoran yang menghadap gunung Lokon ini dikelilingi oleh taman, kolam ikan, bunga-bunga tropis serta tanaman dengan burung yang unik juga kupu-kupu, membuat tempat ini sempurna untuk bersantai. It is a word-class botanical garden.

garden

2. Let’s Green!

Selain Danau Tondano, danau kesukaan saya adalah Danau Linau.
linauDanau yang konon bisa berubah tiga warna ini berlokasi di Kelurahan Lahendong ini berjarak tempuh sekitar 45 menit dari kota Manado. Perubahan warna danau ini akibat endapan sulfur dan pantulan sinar matahari. Sebaiknya datang pada pagi hari disaat awan belum menumpuk sehingga matahari masih leluasa bersinar.

linau3Udara sejuk dan pemandangan elok ini dapat dinikmati dengan secangkir kopi atau teh seharga Rp.25.000 termasuk biaya masuk. Jangan lupa pesan pisang goreng Goroho yang jadi menu andalan tempat ini. Dan, jangan lupa juga foto sebelum makan, maksudnya berdoa.

3. Let’s Pray!

Bukit doa adalah destinasi wisata rohani bagi umat Katolik sekaligus sebagai kawasan konservasi dan rekreasi alam. Disini Anda bisa melihat panorama kota Manado berlatar belakang laut dengan hamparan pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen. 
bukitdoa
Didalamnya berdiri Chapel of Mother Mary atau disebut Chapel Mahawu. Bangunan dengan arsitektur unik berpadu dengan pemandangan yang indah. Tempat ini kerap digunakan untuk perayaan ibadah dan resepsi pernikahan.

bukitdoa2Bukit Doa juga dilengkapi Amphitheatre berdaya tampung 1.000 orang yang sering menjadi lokasi pertunjukan seni dan budaya.

4. Let’s Build!

Bagi penggemar seni rancang bangunan atau suka utak-atik aplikasi homebyme seperti saya, Desa Woloan adalah objek yang cocok untuk dikunjungi.
dscf1465Desa ini terkenal dengan kerajinan rumah panggung kayu berkualitas baik untuk rumah pribadi pun cottage atau bungalow untuk pariwisata. Perajin desa Woloan telah menerima pesanan dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara di Eropa.

rumahpanggung
Pic: MonaVentura

Uniknya, rumah kayu berkarakter desain Minahasa ini dibuat dengan sistem rakitan (knocked-down), jadi Anda tak perlu repot soal pembangunan dan pengirimannya, karena rumah akan dikirim beserta perakitnya.

5. Let’s Jungle!

Setelah Tomohon, kunjungan berikutnya adalah kota Bitung yaitu Cagar Alam Gunung Tangkoko Batu Angus, yang ditempuh dengan berkendara sekitar dua jam dari Manado.tarsius2Disini Anda dapat melihat hewan langka yaitu Tarsius, primata terkecil di dunia (Tarsius tarsier) dan Burung Maleo yang bertelur dengan ukuran minimal dua kali telur ayam.

maleo-birdsKeduanya adalah hewan endemik Indonesia yang terancam punah.

6. ‘Let’s Sea’

Setiap pulang Manado, saya pasti cari ‘vitamin-sea‘, walau sekedar mantai. Sebisanya hindari pantai yang ramai dikunjungi seperti Pantai Pulisan, Mahembang, Bentenan, Pal Beach dan lainnya.

img_6674Pantai yang paling berkesan bagi saya adalah Pantai Panjang dekat Batu Mandi dan Efrata Pulisan (diving points), selain Siladen beach, pantai di ujung Pulau Lihaga dan tentunya private beach yang ada di resort atau vila. Sepi dan nyaman berbikini!;)

diveBikini ditimpa wet suit, ayo diving! Ada tiga pulau besar lokasi menyelam di sekitar Manado, yaitu Bunaken (termasuk pulau Siladen), Bangka dan Lembeh. Pulau Bunaken adalah salah satu pulau yang memiliki biodiversitas kelautan atau keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Tak heran ia disebut-sebut sebagai 10 Best Dive Spots in the World (versi Touropia dan The Guardian 2016).

Taman laut Bunaken sendiri adalah taman laut yang dilindungi karena terdapat bermacam-macam tumbuhan dan hewan laut yang diproteksi untuk kepentingan perikanan dan kelautan, dan tentunya pariwisata.

attachments_2017111

7. Let’s Eat!

Wisata kuliner di Manado adalah sesuatu yang tak bakal saya lewatkan. Daftar menu wajib adalah Bubur Manado (Tinutuan), Ikan laut dan Boke*

kuliner SAY NO!: Hiraukan petualangan makanan ektrim seperti tikus dan kucing hutan (yaiks!), apalagi daging RW! Saya anti makanan tersebut. Bingung juga kenapa orang Manado (dan Batak?) doyan makan daging anjing. One Green Planet dan Change for Animal Foundation telah mengeluarkan peringatan atas resiko mematikan (prediksi angka kematian 10 juta orang per tahun pada 2050) bagi penderita penyakit hipertensi, rabies (‘orang’ gila), salmonella, infeksi bakteri anthrax, brucellosis, hepatitis, leptospirosis dan resistensi antibiotik akibat daging anjing. Parahnya lagi adalah parasit zoonosis (Trichinellosis) yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah yang menyebabkan kelemahan otot organ vital yang parah pada pria! Mamam tuh

Berikut daftar restoran makanan lokal favorit saya:

  • Mie Abe Garuda*, Wakeke (best: mi rebus dengan krupuk garing)
  • Soto Rusuk Ko Petrus*, Megamas (best: babi tore/garing rica)
  • RM. Nasi Kuning Selamat Pagi
  • Angle Fish di Jl. Pierre Tendean, Boulevard (best: ikan woku bakar)
  • D’Fish di Megamas (best: ikan woku kering)
  • Big Fish di Bahu (best: lunch buffet and sunset view)
  • Ikan Mas Bakar Bumbuden (best: ikan mas bakar rica)
  • Warung Mutiara di Jalan Harapan No.1, Winangun (best: Tinutuan/bubur Manado, mie cakalang dan makanan Minahasa yang ‘brani-bumbu’ (artinya ngga pelit bumbu:)
  • Rumah Kopi Gloria*, Kawangkoan (best: biapong/bakpao)

*) warning: ‘pork friendly’.

8. Let’s Cupping

Kebanyakan kedai kopi di Manado yang berlokasi di mall atau cafe lebih menjual konsep ‘ngopi cantik’ dengan kualitas kopi seadanya. Bagi penikmat kopi yang punya hobi coffee hunting silakan mengunjungi kedai kopi underground berikut ini:

IMG_2564.JPG

Black Cup Coffee House – Coffee house sekaligus roaster ini menawarkan pilihan kopi single origin dari hampir seluruh Indonesia, termasuk biji kopi lokal andalannya yaitu Koya beans yang disajikan dengan beberapa variasi manual-brew seperti V60, drip dan aeropressBaba Budan – Kedai kopi yang nyelip diantara pasar di Jalan Roda ini juga menyediakan SO dengan V60 dan aeropressMobile Coffee Van Omen – kedai kopi mobil Kijang biru yang sering nongkrong di parkiran Megamas ini buka setiap hari mulai jam 4 hingga tengah malam.

9. Let’s Stay!

screen-shot-2017-02-10-at-10-33-18-amSaya memilih penginapan berdasarkan area dan keunikan hotel, termasuk layanan serta sentuhan lokal kota untuk dapat merasakan pengalaman yang berbeda. Ada tiga pilihan area yang menjadi tempat terbaik untuk penginapan.

Pertama adalah daerah pusat kota Manado. Pilihan terbaik penginapan adalah Aryaduta Manado untuk akses lokasi kota dan pemandangan  lautnya, juga memudahkan Anda untuk berwisata kedaerah Minahasa, termasuk Tomohon.

ARYADUTA MANADO – Experience contemporary Indonesian (Manadonese) hospitality..

ad2My TripAdvisor Review: ‘Great choice: “The highlight of this hotel is the location and the view. Love the suite room, living room with a spacious of balcony overlooking the ocean, Bunaken island and 180 degree of Manado city)- where I spent most of my time in the morning and sunset.”

Aryaduta Manado
Jl. Piere Tendean (Boulevard), Manado
T: +62 431 855555
E: info.manado@aryaduta.com
Facebook|Twitter|Instagram|TripAdvisor
www.aryaduta.com/manado

Daerah kedua adalah Molas dengan akses terbaik untuk penyelaman kepulau-pulau sekitar dan titik selamnya.

THALASSA DIVE RESORT– Where Guests Leave as Friends..

pavillion_thalassa-jpg-pavillionMy TripAdvisor Review – ‘Relaxed and Flexible Diving!’ : “I had a relaxing holiday experience! Love the green garden and ocean view from bungalow with very nice sitting area outside. Really appreciate the flexible diving schedule. Diving locations also were great which offers most of popular spots in Bunaken, Bangka and Lembeh.”

Thalassa 5* PADI Dive Resort
Jl. Molas, Kecematan Bunaken – Manado 95242
T: +62 812 43500956
E: info@thalassamanado.com
Facebook|Twitter|Instagram|TripAdvisor
www.thalassamanado.com

Daerah terakhir yang menjadi pilhan saya adalah Likupang. Tempat terbaik untuk rehat total karena jauh dari hiruk-pikuk kota dengan akses pantai yang masih sepi dari wisatawan.

CASABAIO PARADISE RESORT  Indulge in Manado’s Luxury Resort

dscf1016edMy TripAdvisor Review – ‘Beautiful View!’: “Love the private beach and ocean view, room is clean with comfy bed. Service was excellent, all staffs were very nice and friendly, food is good and huge swimming pool!”

Casabaio Paradise Resort
Desa Maen – Likupang , North Minahasa 95375
T:(62-431) 8941 808
E:info@baiohotels.com
Facebook|Twitter|Instagram|TripAdvisor
www.casabaioparadise.com

Tips:

  • Saya lebih memilih naik pesawat langsung dari Jakarta (kurang-lebih 3 jam) maupun Bali (sekitar 2 jam). Dibanding transit via Makassar, waktu tempuh menjadi 5 jam in-total.
  • Saya suka ambil penerbangan dipagi hari karena suguhan pemandangan laut dan ribuan pohon kelapa menjadi salah satu pemandangan kesukaan saya saat mendarat. – Sayangnya, sekarang Garuda dari Bali hanya terbang dimalam hari:(
  • Untuk yang suka menyelam dan snorkelling, saya rekomendasikan waktu mengunjungi Manado diakhir bulan Mei atau awal Juni. Air laut sejernih kristal, tanpa ombak seperti di kolam renang!
  • Biasanya saya menghindari pulkam jelang Paskah dan Natal. Kenapa? Karena banyak restoran tutup di Manado plus terlalu berisik dengan petasan!

 

Semoga bermanfaat. Marijo (Manjo) Ka Manado!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s