HOLIDAY TREAT: 3 Articles for AMICA Indonesia, May 2013 Edition

RAJA AMPAT, PRICELESS! : Menjelajahi keindahan dan pesona Raja Ampat memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Besaran harga untuk jangka waktu lima sampai sepuluh hari adalah sekitar Rp.20-30 juta setiap orang. Paket wisata rombongan atau penawaran melalui pengelola hotel bisa lebih murah, yaitu berkisar Rp.4,5-7,3 juta per orang, diluar pesawat. Kendati Raja Ampat termasuk ‘destinasi mewah’, namun keindahan dan pesona Raja Ampat sangat tidak ternilai harganya!

NEPAL, LIVE IN HARMONY: Nepal mewariskan kultur budaya dan karunia alam yang sangat berharga kepada masyarakat setempat, sekaligus menjadi inspirasi mengagumkan bagi para wisatawan. Negara berbendera dengan bentuk unik ini sangat kaya tradisi dan spiritual nan selaras. Keramahan warga Nepali menyambut para wisatawan untuk mengenal lebih dekat negara yang memiliki keharmonisan antara agama Buddha-Hindu yang telah hidup selama berabad-abad.

TASMANIA, FULL OF ATTRACTIONS!: Tasmania adalah sebuah pulau milik Negara Kangguru, Australia yang jaraknya berdekatan dengan benua es Antartika yaitu sekitar 3443 km dari ujung selatan Tasmania ke ujung timur Antartika atau sejauh terbang Jakarta-Papua. Dalam promosi ‘Discover Tasmania – Bigger than Australia’, ternyata pulau ini memang menawarkan banyak atraksi dan aktifitas yang penuh kejutan untuk sekedar pulau.

RAJA AMPAT, PRICELESS!

Kebesaran nama Raja Ampat semakin menjadi buah bibir dunia pariwisata nusantara. Tak pelak lagi, Raja Ampat menjadi primadona wisata bahari dalam ‘Deep & Extreme Expo Indonesia 2013’ bulan April silam. Impian petualang wisata dengan mendaftarkan lokasi Raja Ampat sebagai destinasi impian liburan mereka bukan tanpa alasan. Pesona elok kepulauan ‘Kepala Burung Papua’ ini memang bisa membius siapa saja.

Menjelajahi keindahan dan pesona Raja Ampat memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Besaran harga untuk jangka waktu lima sampai sepuluh hari adalah sekitar Rp.20-30 juta setiap orang. Paket wisata rombongan atau penawaran melalui pengelola hotel bisa lebih murah, yaitu berkisar Rp.4,5-7,3 juta per orang, diluar pesawat. Kendati Raja Ampat termasuk ‘destinasi mewah’, namun keindahan dan pesona Raja Ampat sangat tidak ternilai harganya!

Kepulauan di provinsi Papua Barat di Indonesia Timur ini memiliki 610 pulau dengan hanya 35 pulau yang dihuni. Pulau-pulau diantaranya adalah empat pulau besar yakni Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, yang dikenal sebagai Raja Ampat. Pulau-pulau yang belum terjamah dan laut yang masih perawan menawarkan surga bawah laut yang tak terkira indahnya.

Dari beragam pilihan tempat menyelam seperti Miouskun, Friwen, Uray, Teluk Kabui, Bianci, Mutus Kecil, Mangale, Ufo, Bath, Pulau Koh, Yembuba dan Tanjung Kri, tempat menyelam wajib adalah Missol dan Manta Point yang terletak di selat Dampier. Disini, Anda bisa menyelam ditemani beberapa ekor Manta Ray jinak. Selain Manta, jenis hewan laut unik kerap dijumpai adalah Wobbegong (Carpet Shark) dan Duggong atau Ikan Duyung. Dengan jumlah lebih dari 1.000 jenis ikan, 600-an jenis mollusca atau hewan lunak dan dari 537 jenis karang dunia dimana 75 persen diantaranya berada di perairan Raja Ampat, membuat terumbu karang Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia. Karenanya, tak berlebihan jika para penyelam memimpikan stempel nama besar Raja Ampat ke dalam log-book dive mereka.

Wayag, Primadona Raja Ampat

Situs wisata Raja Ampat yang tak kalah indah dari Phi Phi (Thailand) dan Halong Bay (Vietnam), adalah Wayag. Lansekap lapisan bukti bagai ombak dikelilingi lagoon bergradasi warna air hijau-biru menawan tempampang dari ketinggian diatas 50 meter di puncak Wayag. Viewpoint ini menjadi lokasi incaran para juru potret untuk mengambil gambar ikonis Raja Ampat.

Lokasi dan aktifitas menarik lainnya di Raja Ampat adalah pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau karst dan flora-fauna unik seperti burung cenderawasih, burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis bunga anggrek. Jadi, tunggu apalagi? segera rencanakan petualangan wisata Anda ke Raja Ampat!

Tips:

•   Penerbangan dari Jakarta ke Sorong, kota gerbang ke Raja Ampat membutuhkan waktu kurang lebih lima jam dengan tambahan waktu transit di Makassar.

•   Pilihan penginapan dengan harga mulai Rp. 500.000 sampai jutaan rupiah.

***

 NEPAL, LIVE IN HARMONY

Nepal mewariskan kultur budaya dan karunia alam yang sangat berharga kepada masyarakat setempat, sekaligus menjadi inspirasi mengagumkan bagi para wisatawan. Negara berbendera dengan bentuk unik ini sangat kaya tradisi dan spiritual nan selaras. Keramahan warga Nepali menyambut para wisatawan untuk mengenal lebih dekat negara yang memiliki keharmonisan antara agama Buddha-Hindu yang telah hidup selama berabad-abad.

Kathmandu

Kathmandu adalah kota terbesar di Nepal, yang terletak di lembah raksasa diapit oleh pegunungan tersohor, Himalaya. Terlepas dari hiruk pikuk khas kota besar, Kathmandu adalah sumber harta karun Nepal. Bangunan istana kuno, pagoda dan stupa monumental, candi dan kuil antik bertebaran di ibukota Nepal ini yang menjadi bukti kejeniusan arsitek dan pengrajin penduduk asli. Tak heran kalau ada delapan situs warisan budaya di Nepal mendapat penghargaan dunia sebagai UNESCO World Heritage.

Thamel

Thamel dikenal sebagai pusat wisata Kathmandu dengan aktifitas tanpa henti. Mulai dari hotel dan penginapan, restoran dan bar, toko-toko suvenir, kafe, juga agen perjalanan, semua dapat ditemukan di sini. Di daerah yang mirip Legian di Bali ini juga dengan mudahnya mendapatkan akses internet, karena hampir di semua daerah di Thamel adalah wilayah gratis wi-fi.

The Boudhanath (Batu Wisnu), merupakan salah satu situs Buddha tersuci di Nepal yang menjadi lokasi wisata terpopuler di Kathmandu. Stupa berlukiskan mata Buddha yang menjadi ikon kota Kathmandu ini, didirikan oleh raja Nepal Licchavi Śivadeva antara 590-604 masehi. Cerita asal Tibet, konon Boudhanath dibangun oleh seorang pangeran untuk meminta pengampunan karena membunuh ayahnya sendiri. Disini anda dapat melihat monk (biksu) dan warga Nepal berjalan mengelilingi stupa sambil berdoa seraya menyentuh roda doa yang terdapat di tembok luar stupa.

Durbar Square adalah alun-alun yang dikelilingi oleh bangunan arsitektur yang spektakuler yang jelas menampilkan keterampilan para seniman selama berabad-abad. Disini terdapat istana raja Malla dan raja Shah, kuil Hanuman Dhoka, nama yang diambil dari patung Hanuman yaitu monyet pemuja bangsawan Ram. Meskipun istana dan kuil yang ada telah di renovasi berulang-ulang, alun-alun ini masih merupakan pusat peristiwa penting kerajaan seperti penobatan Raja Birendra Bir Bikram Shah pada tahun 1975 dan Raja Gyanendra Bir Bikram Shah pada tahun 2001.

Bhaktapur adalah sebuah kota adat kuno di sudut timur Lembah Kathmandu. Ini adalah kota terbesar ketiga di Kathmandu dan pernah menjadi ibukota Kerajaan Nepal selama kerajaan Malla sampai abad ke-15. Bhaktapur terdaftar sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Di situs ini terdapat rumah seni tradisional dan arsitektur, monumen bersejarah dan karya-karya kerajinan, jendela megah, tembikar dan industri tenun, candi dan kolam yang indah. Bhaktapur masih merupakan kota kuno terpelihara, yang sangat indah untuk dieksplorasi oleh wisatawan.

Sungai Bagmati adalah sungai yang dianggap sungai suci oleh Hindu dan Buddha sebagai pusat kremasi. Menurut tradisi Hindu Nepal, tubuh orang mati harus dicelupkan tiga kali ke sungai Bagmati sebelum kremasi dan kemudian dimakamkan di kuil yang terletak diatas bukit disamping sungai ini. Banyak kerabat keluarga yang bergabung dalam prosesi pemakaman juga menyempatkan diri untuk mandi atau memercikkan air suci pada tubuh mereka pada akhir proses kremasi. Di samping sungai Bagmati terdapat candi Pashupatinath yang merupakan salah satu candi Hindu tertua dan terbesar Dewa Siwa di dunia.

Pokhara

Pokhara sangat terkenal karena suasana yang tenang dan keindahan alam daerah sekitarnya. Kota ketiga terbesar di Nepal ini, menawarkan kombinasi alam dan budaya yang juga dikenal sebagai pintu gerbang pendakian Anapura, salah satu titik pemberhentian di kaki pegunungan Himalaya.

Tips:

·      Kathmandu’s Tribhuvan International Airport (TIA) dapat diakses dari seluruh dunia dengan penerbangan internasional langsung dari Doha, Dubai, Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Osaka, Chengdu, Guangzhou, Delhi, Mumbai, Kolkata, Karachi, Islamabad, Abu Dabi, Bahrain, dan Dhaka. Penerbangan dari Jakarta ditempuh kurang lebih 6 jam atau 8 jam dengan sekali transit.

·      Transportasi di Kathmandu lebih mudah dengan menggunakan taksi, dari airport menuju pusat kota membutuhkan biaya sekitar 450 NPR (Nepalese Rupee) atau sebesar Rp. 56.000.

·      Akomodasi bervariasi dengan harga antara Rp.250.000 – Rp.2.000.000 per malam.

·      Nepal masih termasuk di daftar 50 negara termiskin di dunia (oleh UN) mempunyai jadwal pemadaman listrik pada jam 6 sore, sebaiknya anda manfaatkan waktu di siang hari untuk mengisi ulang batere peralatan gadget penting seperti handphone dan kamera.

·      Hati-hati dengan serangan altitude sickness (serangan kesehatan akibat dataran tinggi), seperti sakit kepala dan dehidrasi. Hindari minuman beralkohol dan perbanyaklah minum air putih.

·      Penerbangan dari Kathmandu ke Pokhara ditempuh dalam waktu 45 menit.

·      Biasanya trekking yang dilakukan di Pokhara sampai 25 hari perjalanan, namun Anda dapat memesan 5 hari perjalanan dengan biaya USD300 termasuk pemandu yang akan membawakan semua perlengkapan trekking, mulai dari backpack, sleeping bag dan stok makanan anda selama pendakian.

 ***

TASMANIA, FULL OF ATTRACTIONS!

Tasmania adalah sebuah pulau milik Negara Kangguru, Australia yang jaraknya berdekatan dengan benua es Antartika yaitu sekitar 3443 km dari ujung selatan Tasmania ke ujung timur Antartika atau sejauh terbang Jakarta-Papua. Dalam promosi ‘Discover TasmaniaBigger than Australia’, ternyata pulau ini memang menawarkan banyak atraksi dan aktifitas yang penuh kejutan untuk sekedar pulau.

Sebut saja, kultur seni dan kebudayaannya, sejarah naraidana yang diimpor dari Inggris, berkemah di Cradle Mountain dan menikmati kehidupan liar margasatwa di sepanjang Peninsula coastline. Pemandangan spektakuler pantai dan hutan belantara menjadi ciri khas pulau ini dan tak ketinggalan aktifitas kuliner seperti mencicipi wine kelas dunia, salmon Tasmania segar, strawberry pie dan coklat Cadbury di Salamanca Market yang terkenal, serta berburu ikon karikatur ‘Taz’ di film Loony Tunes, Tasmanian Devil!.

Hobart Rolex Yacht Race

Hobart, ibukota kedua tertua di Australia. Kota yang dibangun sebagai daerah hukuman kolonial di tahun 1803 adalah kota pelabuhan di tepi sungai Derwent nan cantik berlatar belakang Wellington Mountain. Tidak heran, kalau pelabuhan Hobart menjadi salah satu pelabuhan terbaik di dunia selain pelabuhan Sydney dan Hong Kong. Hobart juga menjadi tuan rumah perlombaan kapal layar yang diadakan rutin selama 70 tahun sejak tahun 1945 oleh Cruising Yacht Club of Australia (CYCA). Acara internasional tahunan bergengsi ini menjadi ikon olah raga musim panas Australia, bersamaan dengan pesta kuliner bertema ‘Taste of Tasmanian and Hobart Summer Festival’.

Sea life Experience

Petualangan menjelajahi pantai terjal semenanjung Tasmania adalah aktifitas yang sayang dilewatkan selama berada di Tasmania. Kegiatan eksplorasi kehidupan satwa liar dan pemandangan laut yang spektakuler di Englehawk Neck ini bisa dinikmati melalui tur kapal eko wisata professional dengan suguhan pemandangan tebing, ‘The Hole in the Rock’ yang menjulang megah di ketinggian 300 meter dari permukaan air dan gua laut tertinggi di belahan bumi bagian selatan yang begitu menakjubkan

‘Tasmanian Devil Conservation Park’,

Tasmanian Devil (Sarcophilus Harrisii) adalah binatang sejenis anjing berukuran kecil, kekar dan berotot, lebih mirip tikus besar menurut saya, yang saat ini hanya bisa ditemukan di pulau Tasmania. Badannya berbulu hitam, berkepala besar dengan ekor panjang, berbau dan saat stres binatang ini akan memekik tajam memekakkan telinga dan terlihat begitu ganas ketika makan. Sebenarnya, Tasmanian devil sudah pernah dicoba dimusnahkan karena dianggap sebagai ancaman bagi ternak, hingga pada tahun 1940an mereka menjadi hewan yang di lindungi. Sayangnya di tubuh Taz ditemukan virus tumor yang diprediksi akan membunuh jenis mereka sendiri dalam waktu dekat. Poor, Taz.

 Tips:

·     Tiket pesawat PP Melbourne-Tasmania (45 menit penerbangan) antara AUS 150-300, tergantung seat dan promosi. Bisa juga naik feri selama 10 jam dengan harga AUD200.

·      Keliling Tasmania lebih nyaman dengan mennyewa mobil (AUD40 per hari).

·      Liburan paling ramai adalah di musim panas yaitu Desember-Februari

·      Suhu musim panas rata-rata 21C dan musim dingin sekitar 12C.

 ***

Published in AMICA Indonesia – May 2013

Recently Updated36